3 Tips Packing Barang Anti Rusak

3 Tips Packing Barang Anti Rusak

3 Tips Packing Barang Anti Rusak – Salah satu tujuan utama barang dipacking atau dikemas sebelum dikirim yakni meminimalisir resiko kerusakan selama dalam proses pegiriman. Berikut ini 3 tips sederhana packing barang yang sudah teruji di Nakulle Logistik

1. Mengenali Jenis Barang

Hal yang paling pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pengemasan barang adalah mengenali atau mengidentifikasi jenis barang yang mau dipacking. Kenapa demikian? Karena dengan mengenal jenis barang yang akan dipacking, kita lebih mudah menentukan jenis material packingan yang dibutuhkan.

3 Tips Packing Barang Anti Rusak

Sehingga, kita tidak salah memilih material packingan yang dibutuhkan. Misalnya, barang elektronik (TV) yang mau dikirim. Secara tidak langsung kita sudah mengetahui bahwa TV tersebut termasuk barang yang mudah rusak. Sehingga jenis material yang paling cocok digunakan adalah packing kayu.

2. Lakukan Pengemasan Dengan Benar Sesuai Standar Keamanan Barang.

Pada Langkah kedua yang harus diperhatikan ialah urutan pengemasan. barang yang dipacking kayu sekalipun masih rusak apabila urutan pengepakannya tidak benar. sebagai contoh mesin foto copy bekas. jenis mesin foto copy bekas yang mau dikirim dan langsung dipacking kayu akan sendiri bisa lecet akibat dari packingannya sendiri.

lalu bagaimana urutannya?
hal pertama yang harus Anda lakukan yakni dengan membungkus terlebih dahulu bubble wrap. Kemudian selanjutnya, usahakan Anda packing kardus dengan rapi dan jangan lupa gunakan lakban dan tali rapi untuk memperkuat lapisan packingan kardusnya. setelah anda packing bubble wrap dan kardus barulah Anda packing kayu supaya mesinnya tidak langsung bersentuhan dengan kayu.

3. Pilih Kualitas Bahan Material yang Bagus

Untuk material packingan kardus yang bagus adalah kardus rokok Gudang garam. kardus rokok Gudang garam memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah robek. sehingga biar ditumpuk barangnya masih tetap aman.

Untuk material packingan kayu yang bagus adalah jenis kayu jati putih dan kayu meranti merah. jenis kayu tersebut apabila dipaku maka pakunya tidak mudah tercabut. Sehingga Ketika buruh ekspedisi melakukan bongkar muat barang packing kayunya tetap aman.

Untuk material packingan plastik yang bagus yaitu kantong plastik sampah yang berwarna hitam. selain mencegah barang dari ancaman basah, kantong plastik tersebut juga tidak mudak sobek.

Untuk material lapisan packingan anti pecah yang bagus yaitu bubble pack. jenis bubble pack itu sendiri sangat banyak jenis dan merk-nya maka saran saya carilah bubble pack yang tidak mudah meletus ketika dipencet.

untuk material lakban yang bagus yang berwarna coklat. Namun, anda pun masih harus tetap memperhatikan merk lakban yang dibeli. karena tak sedikit juga jenis lakban yang kurang bagus lengket dan mudah putuh.

Itulah 3 tips packing barang yang diaplikasikan oleh teman-teman di Nakulle logistik

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
New Order